Custom Search

Friday, December 6, 2013

ALAT UKUR (VERNIER CALIPER)

Vernier Caliper adalah alat ukur yang sering digunakan dalam dunia industri permesinan maupun di bengkel. Caliper pada umumnya terdiri atas batang pengukur dari baja anti karat yang dikeraskan, mempunyai rahang tetap pada salah satu ujungnya dan rahang lain terdapat pada bagian yang bergerak yang mempunyai skala nonius.

Pada umumnya batang pengukur menpunyai dua macam skala utama, satu dalam skala satuan mili meter (mm) dan satunnya lagi dalam satuan Inchi. Begitu juga dalam bagian bergerakpun mempunyai dua skala dalam mm dan inchi, mengikuti skala pada batang pengukur utama. Istilah venier Caliper adalah jangka sorong, Suichmat, caliper.

Beberapa tipe Vernier Caliper :

1. Caliper Type M

Caliper jenis ini paling banyak digunakan karena dapat digunakan untuk mengukur dimensi luar, dimensi dalam, kedalam dan bidang step dalam mm dan inchi
Vernier Caliper Tipe M


2. Caliper Tipe C

Caliper jenis ini di gunakan untuk mengukur dimensi dalam dan dimensi luar. Untuk mengukur dimensi dalam hasil pengukuran harus di tambah dengan tebal rahang ukurannya, atau dapat dibaca dari skala nonius jika Caliper sudah dilengkapi kedua skala nonius untuk dimensi dalam dan dimensi luar. Keuntungan Caliper ini kapasitas ukuranya jauh lebih besar dari Caliper type M, dimana Caliper type M kemampuan efektivenya hanya 0 - 300 mm, sedangkan Caliper Type C kemampuan efekatifnya 0 - 2000 mm.


Caliper Type C
Note : untuk pengukuran menggunakan Caliper Type C hasil Pengukuranya ditambahkan dengan tebal kedua rahangnya.
X = ukuranya
Y = pembacaan
jadi ukurannya
X = Y + (2 x 5 mm)
X = Y + 10 mm


3. Caliper Type CM

Caliper ini adalah gabungan dari Caliper type C dan type M, tetapi tidak dilengkapi dengan batang pengukur kedalaman karena kapasitasnya sama dengan Caliper Type C.


 

No comments: